Asuransi Perjalanan

Asuransi Perjalanan adalah sebuah jenis asuransi yang diperuntukkan untuk memberikan perlindungan selama Anda bepergian. Asuransi perjalanan memang tidak masuk kedalam jenis asuransi yang wajib dimiliki. Asuransi ini diutamakan untuk Anda yang memang suka melakukan perjalanan baik keluar kota sampai keluar negeri dan fungsinya yang hanya melindungi ketika akan melakukan perjalanan saja. Berlibur memang merupakan kegiatan yang digemari setiap orang, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki jadwal kegiatan yang padat sehari-harinya. Bagi orang-orang sibuk, waktu berlibur haruslah digunakan secara eksklusif dan berkualitas. Beberapa orang memilih wisata ke luar negeri untuk mengisi waktu libur mereka.
Sebelum melakukan perjalanan liburan, biasanya kita akan mempersiapkan beberapa persiapan penting seperti izin cuti, booking tiket pesawat dan tempat penginapan, cek kesiapan paspor dan visa, serta mendaftar asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan digunakan untuk keperluan darurat apabila saat perjalanan keluar negeri tersebut, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada diri Anda. Asuransi ini sifatnya amat penting untuk diperhatikan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri supaya perjalanan Anda nyaman.
 
Wajibnya memiliki Asuransi Perjalanan - Telah banyak negara yang mewajibkan kepada para turisnya untuk wajib memiliki asuransi perjalanan atau tidak diperbolehkan masuk apabila terbukti tidak terdaftar sebagai pengguna asuransi perjalanan.
Contohnya negara-negara di Amerika Eropa dan bahkan Asia yang sudah memberlakukan aturan wajib memiliki asuransi perjalanan ini ketika akan mengunjungi negaranya. Jadi jika ingin perjalanan Anda nyaman, lancar dan terlindungi maka terdaftar menjadi permilik asuransi perjalanan tentu sangat disarankan.
 
Manfaat Asuransi Perjalanan - Asuransi perjalanan diperlukan bagi traveler untuk melindungi mereka dari risiko selama perjalanan. Tentu saja saat berlibur Anda tidak boleh merasa was-was akan terjadinya risiko yang tidak terduga. Secara umum manfaat asuransi perjalanan adalah melindungi traveler terhadap hal-hal berikut ini.
  • Perlindungan Diri dari Risiko Kecelakaan:
    Perlindungan ini meliputi penggantian uang jika terjadi risiko terhadap kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.
  • Perlindungan Ganda untuk Kecelakaan dalam Pesawat Terbang Komersil Terjadwal:
    Santunan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan jika kecelakaan terjadi pada saat berada di dalam pesawat terbang komersil terjadwal.
  • Penggantian Biaya Pengobatan Darurat:
    Jika Anda sakit selama perjalanan, asuransi perjalanan menawarkan manfaat pengobatan darurat.
  • Pemulangan Jenazah Jika Terjadi Risiko Kematian:
    Asuransi bisa melindungi tertanggung untuk dua alternatif perlindungan biaya pemulangan jenazah atau biaya kremasi atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.
  • Perawatan Anak dan Kunjungan Duka Pada Satu Orang Kerabat atau Keluarga
    Asuransi bisa memberikan penggantian biaya kunjungan duka atau selama perawatan yang diberikan pada satu orang kerabat atau keluarga, jika tertanggung menjalani perawatan selama perjalanan atau selama dirawat di luar negeri.
  • Evakuasi Medis: Asuransi perjalanan menawarkan fasilitas bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia.
  • Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi: Jika terjadi kerugian yang ditimbulkan akibat kehilangan dan kerusakan bagasi Anda, termasuk barang-barang di dalamnya maupun barang yang Anda pakai selama perjalanan, maka asuransi perjalanan akan memberi ganti rugi jika ada keterlambatan bagasi lebih dari 12 jam.
  • Terkait Perjalanan: Jika Anda ikut program asuransi perjalanan, salah satu manfaat yang ditawarkan adalah perlindungan terhadap penundaan perjalanan (biasanya keterlambatan transportasi lebih dari 12 jam), penggantian uang muka yang hangus akibat hal-hal yang di luar kekuasaan pemegang polis dan biaya akomodasi.
  • Perlindungan Rumah: Jika terjadi musibah misalnya kebakaran di rumah Anda, selama bepergian, maka asuransi perjalanan akan membayar kerusakan akibat kebakaran atas isi rumah tertanggung yang ditinggal kosong karena perjalanan yang dilakukan.
 
Jenis Asuransi Perjalanan - Asuransi perjalanan memiliki banyak jenis dimana masing-masing fungsinya berbeda-beda dan tentunya sudah banyak disesuaikan dengan kebutuhan dengan orang-orang yang sering melakukan perjalanan.
  • Berdasarkan Berapa Banyak Melakukan Perjalanan: Ada dua jenis asuransi perjalanan jika dilihat dari berapa banyaknya perjalanan yang akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu yaitu single trip insurance yang diperuntukan untuk Anda yang hanya akan melakukan perjalanan beberapa kali dalam setahun (tidak rutin). Berikutnya ada annual travel insurance yang dikhususkan untuk Anda yang bisa melakukan perjalanan bahkan sekali dalam seminggu baik untuk tujuan perjalanan dinas atau sekedar berlibur selama periode 1 tahun.
 
  • Berdasarkan Jumlah Orang yang Akan Ditanggung: Untuk jenis asuransi perjalanan ini ditentukan berdasarkan berapa banyak orang yang akan ditanggung dalam satu akun asuransi. Individual travel insurance tentu hanya untuk satu orang saja dalam satu akun pribadi asuransi perjalanan. Lalu ada group travel insurance yang biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan untuk para karyawannya yang sering diberangkatkan untuk perjalanan dinas, dan bisa juga untuk sekaligus seluruh anggota keluarga ketika akan melakukan liburan bersama.
 
  • Berdasarkan Tujuan Melakukan Perjalanan: Dalam melakukan sebuah perjalanan tentu tujuan orang tidak lah selalu sama. Asuransi perjalanan wisata bagi yang melakukan perjalanan karena tujuan untuk traveling atau berwisata dan asuransi perjalanan bisnis yang dikhususkan untuk mereka yang melakukan perjalanan untuk tujuan bekerja atau bisnis.
 
  • Berdasarkan Tempat Tujuan Perjalanan: Untuk Anda yang sering melakukan perjalanan tapi hanya sampai keluar kota saja bisa memilih untuk memiliki asuransi perjalanan untuk perjalanan domestik dan bagi yang sering melakukan perjalanan bahkan sampai keluar negeri bisa memilih asuransi perjalalanan untuk perjalanan internasional.
 
  • Student Assist: Asuransi perjalanan ini dikhususkan hanya untuk para mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya keluar negeri.