PECINTA SENI MUSEUM "MACAN" -JAKARTA BARAT

Kalau dengar kata 'museum', pasti yang terpikirkan adalah tempat disimpannya benda-benda bersejarah yang usianya mungkin sudah puluhan bahkan ratusan tahun seperti artefak kuno. Namun museum yang satu ini berbeda, karena hal-hal yang dipamerkan di dalamnya adalah karya-karya seni modern dan kontemporer yang unik.

                            Banyak pengunjung yang ingin melihat museum Macan ini.
 

Nah nama museum ini, mungkin orang-orang akan berpikiran bahwa isinya adalah hewan. Ternyata ‘MACAN’ sendiri adalah singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Anak Art Mana Suaranya?  tidak hanya penikmat seni saja tetapi semua kalangan baik dewasa maupun anak-anak. Bahkan tidak jarang orangtua ataupun pihak akademisi membawa anak-anak maupun siswa-siswi mereka untuk wisata edukasi di museum yang memiliki koleksi seni modern-kontemporer Indonesia serta internasional ini.


                Wisata edukasi di museum yang memiliki koleksi seni modern-kontemporer
                                                   Indonesia serta internasional ini.


    Tidak hanya penikmat seni saja tetapi semua kalangan baik dewasa maupun anak-anak.

Lokasi museum MACAN ada di Wisma AKR Jl. Panjang No 5 Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Lokasinya ada di pinggir jalan besar dan cukup mudah terjangkau, namun orang yang baru pertama kali ke sana bingung karena petunjuk atau papan nama museumnya kurang terlihat. Dari luar gedung tak seperti sebuah bangunan museum. Namun, ketika masuk ke lantai lima Wisma AKR, interior bergaya kontemporer menyapa pengunjung. Di depan elevator dan lift terdapat ruang khusus anak-anak yang dirancang oleh firma desain unggulan MET Studio dari London. Museum MACAN sendiri tutup setiap hari Senin, dan dibuka untuk umum Selasa-Minggu pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.


            Menjadi tempat pembelajaran untuk para pelajar sehingga bisa mengenal karya Seni.

Lewat pameran seni berjudul 'Seni Berubah. Dunia Berubah', sebanyak 90 koleksi dari 70 seniman Filantropis sekaligus pendiri museum yang didesain oleh MET Studio London, Haryanto Adikoesoemo meresmikannya untuk pertama kalinya. Nah di bagian depan Museum MACAN, terdapat dua lukisan berukuran raksasa. Lukisan Entang berjudul 'Melt (Meleleh)' (2008) berdampingan dengan karya seniman Amerika, Keith Haring.

    Terdapat perjalanan seni rupa Indonesia abad ke-20 yang dikerjakan tim riset Museum MACAN.

Memasuki pameran 'Seni Berubah. Dunia Berubah', pengunjung bakal disuguhi karya Yayoi Kusama yang instagrammable banget. Dilanjutkan pada empat babak yang dibagi oleh kurator Charles Esche dan Agung Hujatnika. Lewat karya seni 'ASEAN+3' (2017), karya Yanagi terdiri dari 13 bendera nasional yang mewakili 10 negara ASEAN. Uniknya, di belakang bendera-bendera tersebut ada sarang semut yang sengaja diciptakan. Selain itu, juga terdapat perjalanan seni rupa Indonesia abad ke-20 yang dikerjakan tim riset Museum MACAN.

                    Banyaknya karya seni yang unik di tampilkan sehingga banyak pengunjung
                                yang mengabadikan dengan berfoto di karya seni tersebut.



            Museum ini menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan weekend kalian


    Masih banyak lagi yang harus kalian lihat di museum ini sebanyak 90 koleksi dari 70 seniman

Banyaknya karya seni yang unik di tampilkan sehingga banyak pengunjung yang mengabadikan dengan berfoto di karya seni tersebut. Tak hanya itu Seniman Jepang yang dikenal nyentrik dengan ciri khas polkadot itu berada di dalam satu ruangan kecil. Karya berjudul 'Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls (2014)' dipadati pengunjung. Antrean pun nampak mengular.
Padahal di dalam ruangan tersebut, hanya dipersilakan selama 20 detik untuk jepret-jepret. Ruangan tanpa pencahayaan itu memuat ilusi bola-bola warna warni yang setiap beberapa menit sekali akan berganti warna.

        Karya berjudul 'Infinity Mirrored Room - Brilliance of the Souls (2014)' dipadati pengunjung.

Nah untuk tiket masuk museum macan ini terbagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari tiket orang dewasa sebesar Rp 50 ribu, tiket lansia dan pelajar sebesar Rp 40 ribu dan tiket anak anak sebesar Rp 30 ribu. Untuk menikmati fasilitas yang lebih banyak bisa mendaftar keanggotaan museum melalui Macan Society. Beberapa keuntungan macan society diantaranya tiket masuk gratis setiap hari, potongan harga di toko museum dan juga diskon tiket masuk museum macan kepada seorang teman. Harga tiket macan society ini adalah Rp 300 ribu/ tahun (dewasa), Rp 180 ribu/ tahun (pelajar) dan Rp 750 ribu/ tahun (keluarga).
Tertarik melihat 90 karya seni unggulan yang dipajang? Pameran masih berlangsung dari 4 November 2017 sampai 18 Maret 2018.
Yuk kunjungi tempat unik yang lain atur tanggalnya ya Pesan Tiket pesawat Tiket pesawat murah dan untuk Hotel di Jakarta kunjungi Seindotravel.com