TEMPAT WISATA PONTIANAK

Pontianak sangat dikenal dengan garis khatulistiwanya dan merupakan salah satu kota dengan wilayah yang dilalui  yang membuat bumi menjadi dua bagian yaitu Utara dan Selatan. Selain itu pontianak juga dilalui oleh dua sungai yang tergambar dari logo kotanya yaitu sungai Kapuas dan juga sungai landak. Selain itu banyak juga tempat wisata yang bisa anda kunjungi di kota Pontianak. Jika anda sedang berlibur maka tidak salahnya anda menjadikan Kota Pontianak salah satu destinasi wisata anda.

Sinka Island Park Singkawng

Di taman ini terdapat pantai pasir dan bebatuan. Di area ini pula terdapat Pulau Simping yang salah satu pulau terkecil di dunia. Di pulau ini hanya terdiri dari bebatuan dan beberapa jenis pohon saja. Terdapat jembatan yang menjadi akses penghubung bagi para pengunjung untuk dapat berada di pulau ini. Terdapat  lokasi yang baik bagi anda yang suka memancing. Sinka Island Park dikelola dengan cukup modern. Kolam renang, kantin, tempat bermain dan berisitirahat didesain dan dibuat dengan baik. Kelapa muda banyak dijajakan didekat pantai sehingga anda tidak perlu khawatir bila kehausan sehabis berjalan-jalan menikmati pemandangan.
Selain bisa mengelilingi pantai dengan delman dan kuda, para pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana permainan air yang ditawarkan di pantai ini di antaranya adalah sepeda air, jetski, dan banana boat. Salah satu area yang paling populer di tempat wisata ini adalah Sinka Zoo. Sinka Zoo itu adalah sebuah kebun binatang dengan topografi yang berbukit – bukit. Area kebun binatang berada di bagian selatan Sinka Island yaitu sekitar 500 meter setelah Anda masuk ke kawasan Sinka Island Park.

 

Aloe Vera Center


Di Kota Pontianak ternyata menyediakan tempat wisata untuk budidaya aloe vera atau biasa kita kenal sehari-hari dengan tanaman lidah buaya. Siapa sih yang tak kenal tanaman yang satu ini? tanaman lidah buaya memiliki berbagai manfaat kesehatan. Selain terkenal dengan khasiatnya yang membuat rambut menjadi tumbuh lebat berkilau, tanaman ini ternyata dapat dikonsumsi.
Di wisata Pontianak Kalimantan Barat Aloe Vera Center inilah anda dapat memperoleh informasi sekaligus melihat langsung proses pengolahan makanan dengan bahan dasar lidah buaya yang dapat dijadikan sebagai aneka makanan, seperti permen, dodol, bahkan tepung. Tidak hanya diolah menjadi makanan saja, tanaman lidah buaya ini juga dapat diolah menjadi krim herbal untuk menyehatkan kulit. Tak hanya melihat saja, anda juga dapat membeli aneka produk dari tanaman aloe vera untuk dijadikan sebagai oleh-oleh bagi kerabat atau keluarga tercinta.

Taman Bunga Bukit Bougenville Singkawang

Saat liburan ke Singkawang, Kalimantan Barat, jangan lupa pergi ke Taman Bukit Bogenville. Di sana, Anda bisa menikmati kecantikan bunga aneka warna dan udara yang sejuk. Cocok dijadikan tempat rekreasi. Taman Bougenville terletak di Desa Sijangkung, 6 km dari Kota Singkawang. Tepatnya di kaki bukit Gunung Pasi. Kawasan wisata ini terasa begitu asri karena dikelilingi oleh hutan dan perkebunan.

Rumah Betang Radakng

Rumah adat Dayak terbesar di Kalimantan ‘Radakng’ diresmikan Gubernur Kalbar Drs. Cornelis, MH. Dihadiri ratusan undangan, baik lokal hingga luar negeri, rumah adat yang memiliki panjang 138 meter dan tinggi 7 meter itu akan menjadi pusat budaya masyarakat, terutama bagi suku adat Dayak Kalbar. Keberadaan rumah adat itu layak disejajarkan dengan rekor dunia lain yang dihimpun MURI di antaranya 12.000 angklung dan 2.000 becak. Selain itu, Muri kini telah membukukan 1.000 rekor dunia dan 6.000 rekor lainnya untuk tingkat Indonesia.
Rumah adat Dayak Radakng, layak mendapat rekor dunia karena hingga kini di Indonesia bahkan di dunia belum pernah ada rumah adat yang ukuran bangunannya seperti rumah adat Dayak Radakng. “Dengan ukurannya itu, rumah adat Dayak Radakng bukan hanya terbesar di Indonesia, namun juga terbesar di dunia,”
 
Pantai Pasir Panjang

Jejeran pohon kelapa yang mengawal bentangan pasir putih di Pantai Pasir Panjang, Kalimantan Barat seakan tak berujung. Bila beruntung dan cuaca cerah, Anda bisa mengintip Malaysia dari pantai ini.
Menghabiskan hari sambil bersantai bersama orang-orang yang dicintai, menjadi dambaan setiap traveler. Udara segar ditambah suasana yang jauh dari hiruk pikuk ibukota, dijamin ampuh menyegarkan kembali pikiran Anda. Pantai Pasir Panjang di Singkawang, Kalimantan Barat, patut masuk dalam pilihan destinasi akhir pekan Anda. 
Di pantai sepanjang 12 kilometer ini pelancong bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti berperahu, berselancar, dan beberapa olahraga pantai lainnya. Selain itu, pemandangan pulau-pulau di sekitarnya menjadi latar belakang yang sangat menawan. Pulau Kelapa dan Pulau Mentete menyatu dengan hutan pinus yang tertata rapi seolah membungkus pantai cantik ini. Sungguh, Pasir Panjang ini memiliki alam yang sangat eksotis.