Tips Travelling ke Luar Negeri

Setelah penat dengan sejumlah aktivitas setiap harinya, tentunya liburan bisa menjadi salah satu obatnya. Tak sedikit pula para traveller Indonesia yang memilih destinasi liburan ke luar negeri. Nah untuk berlibur ke luar negeri, pastikan kamu memiliki sebuah rencana perjalanan yang tepat, dimana waktu dan biaya perjalanan tersebut sudah kamu perhitungkan dengan matang. Berikut ini merupakan tips liburan hemat ke luar negeri.

1. Buatlah Paspor setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan, dan Visa jika negara yang kamu tuju tidak bebas Visa. Ada beberapa negara bebas Visa seperti negara ASEAN, dan ada juga negara yang menerapkan Visa On Arrival.

2. Pilihlah destinasi wisata kamu dengan bijak, carilah detail perjalanan dan objek wisata kemana saja yang akan kamu kunjungi dan bakalan menginap di hotel apa tentunya yang menyesuaikan kebutuhan dan budget. Mencari tiket pesawat promo juga jangan terlalu mepet yah.
 

3. Pahami transportasi yang akan kamu gunakan nanti. Jangan pernah sembarang untuk memilih akomodasi di negara orang saat berwisata, selain harganya tidak kamu ketahui kamu juga harus mengetahui tujuan kamu nanti dan jangan sampai dibuat muter-muter oleh sang supir. Nah sekarang juga banyak beberapa negara yang menyediakan transportasi yang sangat terjangkau seperti, MRT, Subway, Bus dll. Jangan pernah malu untuk bertanya ya, pastikan kamu tidak kesasar.

4. Uang bisa jadi faktor paling penting. Tukarkan uang rupiahmu di dalam negeri. Jangan kamu tukar di bandara ya, mahal. Lebih baik kamu bawa dolar agar lebih aman.

4. Berwisata keluar negeri dan membuat panggilan telepon ke negara asal akan membuat tagihan telepon membengkak. Beli kartu SIM lokal dan pastikan sambungan internet tetap terhubung. Bawa atau sewa portable wifi yang bisa diakses saat berpergian keluar negeri. Penting untuk melihat Google Maps dan kalo Bahasa Inggris kita ga jago-jago banget bisa buka Google Translate.

5. Untuk yang khawatir budgetnya cuma habis untuk makan aja dan takut ga kebeli oleh-oleh banyak, bisa juga loh bawa makanan yang banyak seperti rendang kering, abon ikan, atau kalau perlu bawa kompor listrik portable/magic com buat masak mie instan.