Siapkan Rumah untuk Ditinggal Mudik Lebaran dengan 6 Tips Berikut


Berencana mudik lebaran? Lupakan dilemma meninggalkan rumah dan kecemasan atas keselamatan properti kalian.
Semua bisa disiasati dengan tips-tips supaya rumah aman walaupun ditinggal mudik lebaran hingga berhari-hari. Berikut kita kasih tips agar mudik lebaran bebas dari kekhawatiran.

 
1. Penampilan rumah

 

 
Tips utama untuk rumah aman selama mudik lebaran adalah soal penampilan luar rumah. Jangan berikan kesan bahwa rumah sedang kosong dengan beberapa cara jitu. Pertahankan penampilan rumah yang bersih dan segar. Sebelum mudik lebaran, pangkas rapid an bersihkan bagian halaman supaya tidak terlihat berantakan seakan kamu berada di rumah dan rutin merawatnya.
Tidak perlu juga menutup semua tirai jendela karena hanya akan menambah kecurigaan kalau rumah sedang kosong ditinggal mudik lebaran. Hentikan juga langganan majalah atau surat kabar supaya tidak menumpuk di depan pintu atau minta tetangga untuk menyimpan surat yang diantarkan ke rumah.
Jangan matikan semua lampu rumah, baik pada bagian dalam atau luar rumah. Pertimbangkan juga teknologi smart lighting dengan timer untuk kamuflase rumah yang berpenghuni selama mudik lebaran yang efektif.

 
2. Simpan barang berharga

 

 
Tips yang satu ini mungkin terkesan simple namun sering dianggap sepele. Jika ada barang berharga yang ada di rumah, maka sebaiknya disimpan dengan lebih seksama lagi semasa mudik lebaran.
Jangan biarkan benda berharga tergeletak di tempat biasa, misalnya di meja rias atau laci dalam lemari pakaian. Bahkan jika perlu, amankan benda-benda penting yang berharga ke brangkas bank atau dititipkan di rumah keluarga yang lain supaya mudik lebaran makin nyaman.

 
3. Pastikan semua akses rumah terkunci

 

 
Sebelum berangkat mudik lebaran, periksa kembali semua titik akses dalam rumah untuk memastikan keamanannya. Mulai dari pintu garasi, pintu lapis, pintu utama, pintu samping, jendela, teralis, hingga lubang angina dan sebagainya harus diperiksa dengan seksama kondisinya.
Supaya mudik lebaran tidak terganggu kecemasan, pastikan gembok dank unci berfungsi dengan baik. Tidak ada kunci serap tertinggal diluar dan system otomatis pintu sudah berfungsi maksimal.

 
4. Tidak sembarang memberi informasi

 

 
Ada baiknya tidak sembarangan memberi informasi mudik lebaran selain kepada sahabat atau keluarga dekat kalian. Di era teknologi zaman sekarang, kalian juga harus lebih hati-hati dengan penggunaan media social. Jangan membagikan informasi mudik lebaran secara publik baik kapan, tujuan atau kondisi rumah nantinya.

 
5. Pastikan keamanan sumber listrik, air dan titik api

 

 
Bukan hanya bahaya kemasukan maling selama mudik lebaran, kalian juga harus waspada dengan keselamatan rumah dari segi lain. Pastikan produk elektronik rumah tangga seperti kabel-kabel perangkat listrik yang tidak terpakai sudah dicabut dengan sempurna.
Titik-titik api dan air juga harus dipastikan sudah mati dengan total supaya tidak ada potensi banjir atau bocor, korsleting, kebakaran atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya saat mudik lebaran.

 
6. Minta bantuan tetangga atau teman

 

 
Dengan mengandalkan orang kepercayaan seperti tetangga, kerabat atau teman, maka keselamatan rumah selama mudik lebaran akan lebih terjamin. Cukup minta mereka untuk sekedar singgah dan memastikan kondisi rumah baik-baik saja.
Sebelum meminta tolong tetangga sebelum mudik lebaran, pastikan kalian juga siap untuk membalas jasa dengan menawarkan menjaga rumah saat mereka berpergian.

 
Mudik lebaran memang momen yang ditunggu agar dapat menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, namun tentunya hunian kamu sekarang harus diamankan. Pastikan kamu mengikuti setiap tips mudik lebaran di atas agar hatimu tidak berat dan cemas akan keamanan dan keselamatan hunianmu.